TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Minggu, 10 April 2011

Manfaat Olah Raga



OLAH RAGA MENURUNKAN JUMLAH TIMBUNAN LEMAK TUBUH.
Olah raga yang teratur menyebabkan peningkatan metabolisme tubuh untuk menyediakan energi yang cukup untuk olahraga. Sumber energi didapatkan terutama dari pembakaran jaringan lemak yang akan menghasilkan energi, hal ini akan menyebabkan penurunan jaringan lemak pada tubuh Anda. Jaringan lemak biasanya tertimbun disekitar perut yang menyebabkan tubuh berbentuk seperti “BUAH APEL”, dan jika Anda mengalami hal ini maka Anda harus melakukan olehraga secara teratur karena bentuk badan yang seperti :BUAH APEL” akan meningkatkan resiko menderita penyakit seperti penyakit jantung, dan diabetes melitus.
OLAH RAGA MENGUATKAN OTOT.
Jika Anda melakukan olahraga secara teratur akan meningkatkan massa otot Anda, karena latihan akan merangsang sel otot untuk tumbuh lebih besar dan sel-sel otot yang semula istirahat akan menjadi aktif lagi. Mungkin Anda akan terkejut setelah melakukan olahraga, kenapa berat badan Anda tidak mengalami penurunan atau bahkan meningkat. Hal ini bukan karena tidak ada pengurangan jumlah lemak pada tubuh Anda, tetapi karena terjadi peningkatan massa otot (otot mempunyai massa yang lebih berat dari jaringan lemak). Walaupun berat badan tidak turun bukan berarti usaha Anda sia-sia, karena olahraga akan meningkatkan rasio antara massa otot dengan lemak, jika rasio massa otot terhadap lemak meningkat (jaringan otot meningkat dan jaringan lemak menurun) itu merupakan hal yang sangat baik untuk kesehatan Anda.
OLAH RAGA MENGUATKAN TULANG.
Sejak kita menginjak usia 30 tahun, maka kita mulai mengalami penurunan massa tulang. Penurunan massa tulang yang berat bisa menyebabkan tulang menjadi sangat rapuh, seperti yang dialami banyak wanita setelah masa menopause. Penyakit ini disebut sebagai osteoporosis, yang menyebabkan tulang menjadi sangat rapuh dan mudah patah. Olahraga secara teratur dapat memperlambat, menghentikan atau bahkan membalikan proses pengeroposan tulang.
OLAH RAGA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK.
Olahraga menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dan lebih kuat untuk mensuplai tubuh dengan lebih banyak oksigen dan nutrien. Aliran darah akan meningkat ke jantung, otot dan bagian tubuh lainnya, dan juga terjadi peningkatan aliran darah menuju OTAK. Peningkatan aliran darah ke OTAK berarti terjadi peningkatan suplai oksigen dan nutrien untuk otak, dan hal ini akan menyebabkan otak bisa berfungsi dengan optimal. Hal ini juga menjadi alasan kenapa olahraga bisa menyegarkan pikiran dan menyebabkan perasaan rileks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar